Kebutuhan Raskin Di Kota Cirebon Mencapai 3000 Ton – Malala Radio 105.2 FM

Kebutuhan Raskin Di Kota Cirebon Mencapai 3000 Ton

Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kota Cirebon merilis pada tahun 2016 ini kebutuhan pangan meningkat. Kepala KKP Kota Cirebon, Ripin Ependi menyebutkan bahwa kebutuhan beras untuk warga miskin (raskin) di Kota Cirebon mencapai 3000 Ton.

Akan tetapi kebutuhan raskin tersebut belum mengcover semua warga miskin di Kota Cirebon. Pasalnya, pada tahun 2015 saja sebanyak 302 warga belum tercatat sebagai warga penerima raskin. Apalagi, tahun ini warga miskin di Kota Cirebon bertambah menjadi 6000 orang.

“Kebutuhan pangan di Kota Cirebon itu bisa dibilang cukup tinggi. Untuk kebutuhan raskin di Kota Cirebon mencapai 3000 Ton per tahun. Kalau melihat ketersediaan, tidak semua warga miskin tercover untuk kepenuhan raskin, karena angka warga miskin informasi dari Dinsos bertambah 6000 jiwa,” katanya Minggu (8/2).

Akan tetapi menurut Ripin, dirinya tetap optimis di tahun ini penyaluran raskin tetap mengcover semua warga tidak mampu. Karena saat ini KKP terus berkoordinasi dengan Bulog untuk menyiapkan stok beras. Usulan tersebut direspon baik oleh Pemkot Cirebon.

Disebutkan, untuk ketersediaan beras tahun lalu saja Pemkot mengalokasikan cadangan raskin di Bulog sebanyak 18 Ton dan 2 Kwintal.

Ripin menjelaskan, raskin cadangan itu baru dikeluarkan jika  dalam kondisi darurat dan atas seizin daro keputusan Wali Kota Cirebon. Raskin cadangan dikeluarkan untuk menghindari kemungkinan stok ketersediaan pangan sudah langka, sehingga dalam kondisi tersebut raskin cadangan baru boleh dikeluarkan untuk mengantisipasi agar jangan sampai ada warga miskin di Kota Cirebon tidak makan.

Sementara pada tahun ini, pemerintah Kota Cirebon menyediakan cadangan pangan sekitar 18,2 Ton. Jumlah tersebut tidak ada perubahan dengan tahun sebelumnya. Ripin menambahkan, selama ini penyaluran raskin di Kota Cirebon tepat sasaran. Saat terjadi kemacetan penyaluran raskin atau menemukan kualitas beras buruk, maka harus diganti sebelum didistribusikan.

“Penyaluran raskin di Kota Cirebon terbilang sangat baik, tidak pernah ada warga miskin yang tidak mendapat raskin, semuanya tercover dan tidak ada warga yang tidak sampai tidak makan nasi,” katanya.

Pada tahun ini, jumlah warga miskin di Kota Cirebon bertambah menjadi 6000 jiwa. Angka tersebut dicapai berdasarkan Keputusan Mensos No 170/HUK/2015 tentang penetapan Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan tahun 2016.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Cirebon, Ferdinan Wiyoto mengatakan, data warga yang tercatat PBI adalah data diipakai untuk mengatagorikan warga miskin Kota Cirebon. Pada tahun ini, jumlah warga miskin penerima PBI tahun 2016 sendiri sebanyak 109.250 jiwa.

Ferdinan menjelaskan, dari tahun ke tahun warga miskin di Kota Cirebon bertambah. Data itu diambil dari hasil validasi dan verifikasi petugas tenaga kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan setempat.

“Orang miskin di Kota Cirebon bertambah 6000 jiwa, angka itu diambil dari hasil validasi dan verifikasi tahun lalu yang dilaksanakan tenaga kesejahteraan sosial tingkat kecamatan,” ungkapnya.

#DZ1052 – malalaradio.com
Dikutip Dari : Fajar Cirebon

DZ1052

simpleIIperfect

Anda Juga Perlu Membaca

Malala Radio