Jangan Remehkan Pingsan – Malala Radio 105.2 FM

Jangan Remehkan Pingsan

Seringkali kita mendengar seseorang pingsan setelah menonton konser, kelelahan bekerja, terkejut mendengar  berita  yang tidak menyenangkan atau pingsan tiba–tiba tanpa diketahui  pemicunya dan sebagainya.

Biasanya, setelah sadar dibiarkan berlalu tanpa ingin mengetahui  kenapa pingsan dan cenderung meremahkan.

Pingsan atau sinkope yaitu suatu keadaan dimana terjadi  kehilangan kesadaran secara tiba-tiba dan umumnya bersifat sementara. Hampir setiap orang pernah mengalami pingsan, setidaknya sekali dalam hidup mereka dan sering tidak menunjukkan masalah medis yang  serius.

Namun,  kadangkala keadaan pingsan menunjukkan hal yang berbahaya, bahkan dapat mengancam nyawa. Karena itu,  bila terjadi keadaan pingsan penting untuk mengetahui penyebabnya. Yang pertama harus dipastikan,  apakah keadaan pingsan itu tidak mematikan? Apa pula penyebab pingsan itu?

Penyebab pingsan dapat  dikelompokkan menjadi (4) kelompok besar yaitu:  neurologis, metabolis, vasomotor  dan gangguan jantung. Dari keempat penyebab tersebut , menurut para ahli,  maka keadaan pingsan yang disebabkan gangguan jantunglah  yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Penyempitan

Kelainan jantung  yang dapat menyebabkan pingsan  adalah  gangguan aliran darah (obstruktive cardiac lesions), seperti  penyempitan katup aorta ( aorta stenosis) , penyempitan katup mitral (mitral stenosis), tumor jantung, (myxoma), gumpalan darah yang terjadi secara tiba-tiba di pembuluh darah paru paru ( emboli paru), serta gangguan irama jantung.

Gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan pingsan yaitu denyut jantung terlalu cepat (ventrikel  takikardi). Kesemua  gangguan jantung, tersebut  menyebabkan terganggunya aliaran darah ke otak sehingga terjadi pingsan.

Jadi,  jika ada seseorang mengalami pingsan,  sebaiknya  kita telusuri lebih jauh , apakah yang bersangkutan terdapat kelainan jantung,  yang dapat menyebabkan kematian mendadak.  Selain itu,  juga  diperlukan untuk mencari  penyebab lain,  seperti  gangguan saraf, gangguan metabolik seperti  kadar gula darah  yang  rendah ( hipoglikemi), dan sebagainya.

#DZ1052 – malalaradio.com
http://jantunghipertensi.com/

DZ1052

simpleIIperfect

Anda Juga Perlu Membaca

Malala Radio